LSM hingga wartawan dapat jatah pungli jembatan timbang Maros


Sumberberita6 - Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dit Reskrimum) Polda Sulsel di jembatan timbang Maccopa, Kabupaten Maros, Sulsel, telah mengamankan 10 tersangka. Masing-masing satu orang PNS, lima honorer dan empat kondektur truk.

Dari hasil pemeriksaan, pengakuan para tersangka menyebutkan mereka terima uang pungutan dari truk-truk yang melintas rata-rata kurang lebih Rp 12 juta dalam sehari. Namun yang disetor untuk kas negara hanya Rp 1,3 juta, Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta. Selebihnya masuk kantong ke beberapa pimpinan setingkat kepala seksi, juga ke LSM hingga jurnalis.

Demikian diungkap Direktur Ditreskrim Polda Sulsel, Kombes Polisi Erwin Zadma kepada wartawan di ruang kerjanya, 

"Rata-rata Rp 12 juta per hari ini dikumpulkan pelaku pagi hari mulai pukul 08.00 hingga pagi berikutnya pukul 08.00 Wita. Dari pengakuan mereka, yang disetor untuk kas negara paling banyak hanya Rp 2 juta sehingga sisanya Rp 10 juta mereka ambil. Antara lain digunakan untuk bayar para honorer, bon rokok dan semacamnya serta disetor ke kepala-kepala seksi. Bahkan ke orang-orang yang mengaku aktivis LSM dan jurnalis. Mereka yang aktivis LSM dan jurnalis jika datang menagih jatah dengan menggunakan motor diberi Rp 100 ribu. Tapi kalau hanya menggunakan motor, diberi Rp 30 ribu," terang Erwin Zadma.

Para tersangka ini menarik pungli ke kondektur truk antara Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu. Logika hukumnya, jika dalam sehari mereka gelapkan uang Rp 10 juta, berarti dalam sebulan bisa meraup Rp 300 juta. Dengan demikian dalam setahun maka uang pungli yang dikumpulkan sebanyak Rp 3,6 miliar. 

Sementara menurut pengakuan tersangka berinisial H, seorang PNS Dinas Perhubungan yang dua bulan lagi pensiun, bahwa aksi mereka itu sudah dijalankan sejak 3 tahun lalu.

"Ini baru satu jembatan timbang, bagaimana kalau kasus yang sama terjadi di jembatan timbang lainya, angka nilai pungli bisa lebih besar lagi karena jembatan timbang di Sulsel itu ada 11. Kita jadikan sasaran operasi karena banyak keluhan masyarakat di jembatan timbang ini," 
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar